Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Beberapa Titik di Purworejo Terendam Banjir, Daya Tarik Wisata Sebagian Besar Aman

Beberapa Titik di Purworejo Terendam Banjir, Daya Tarik Wisata Sebagian Besar Aman

Hujan yang mengguyur Purworejo kemarin mengakibatkan beberapa wilayah terkena banjir dan longsor. Berdasarkan data yang dihimpun oleh tim monitoring Dinparbud maupun laporan dari pengelola Daya Tarik Wisata, sebagian besar DTW aman dari banjir maupun longsor. Khusus untuk goa seplawan, dilaporkan masih tergenang air hujan di dalam goa, dan pengunjung sementara tidak diperbolehkan memasuki area goa. Namun pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan di gardu pandang Goa Seplawan.

Selain goa seplawan, akses masuk menuju gunung ijo Bagelen juga dilaporkan mengalami longsoran badan jalan. Untuk lokasi lain di sepanjang pantai selatan Purworejo dilaporkan aman. Curug gunung putri, dan obyek lain di Bruno, Pituruh, Kemiri dilaporkan aman. Sementara itu di Kaligono dan beberapa titik di wilayah Kecamatan Kaligesing longsor di beberapa badan jalan. Hanya saja tidak mengganggu akses ke lokasi wisata.

Dilaporkan oleh Pengelola Desa Wisata Kaligono maupun Pengelola Wisata Bruno tidak ada kerusakan, hanya saja perlu pembersihan karena hujan yang mengguyur wilayahnya kemarin. Para pengelola Daya Tarik wisata diharapkan waspada dengan cuaca ekstrim dan curah hujan tinggi yang beberapa hari ini mengguyur wilayah Purworejo.

Untuk meningkatkan kewaspadaan Pengelola Daya Tarik wisata, dan juga peningkatan kompetensi diadakan beberapa pelatihan, diantaranya Pelatihan pemandu wisata minat khusus penjaga pantai Β yang akan dilaksanakan minggu depan di Kebumen. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah yang bekerjasama dengan Dinparbud Kabupaten Purworejo.

Leave a Reply

Close Menu