Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Inilah Juara Festival Desa Wisata Kabupaten Purworejo Tahun 2019

Inilah Juara Festival Desa Wisata Kabupaten Purworejo Tahun 2019

Kompetisi rintisan desa wisata sudah sampai pada penganugerahan pemenang. Penyerahan hadiah kepada juara dilaksanakan saat Kite Festival di Pantai Ketawang Minggu kemarin. Tropi dan hadiah kejuaraan diserahkan langsung oleh Bupati Purworejo. Bupati berpesan, pemenang tidak boleh puas hanya sampai disini. Mereka harus bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih.

Penilaian desa wisata ini telah dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 10 Maret 2019 bersamaan dengan kegiatan Jambore Pokdarwis yang bertempat di Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo. Sedangkan penilaian lapangan dilaksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 25 April 2019 di 32 rintisan desa wisata.

Hasil penilaian akhir Festival Desa Wisata merupakan akumulasi dari empat kompone, yaitu paparan, gelar kesenian, pameran, dan penilaian lapangan. Hasil penilaian akhir dari tiap- tiap peserta festival telah ditetapkan dalam Berita Acara Β Penilaian Festival Desa Wisata No. 544/966/2019 yaitu Sebagai Juara I adalah Desa Wisata Kaligono, Juara II Desa Wisata Ketawangrejo, dan Juara III adalah Desa Wisata Jati. Sedangkan untuk kategori daya tarik wisata terbaik diraih oleh Loka Tamasya Sikepel sebagai Terbaik Pertama, Curug Siklothok di posisi terbaik kedua, dan Gunung Gajah untuk terbaik ketiga.

Untuk masing- masing pemenang meraih hadiah berupa uang pembinaan sebesar 75.000.000 untuk Juara I, 50.000.000 untuk Juara III, dan 40.000.000 untuk juara III.Β  Ketiga juara ini akan kembali berlaga di Festival Desa Wisata Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dan juga mengikuti Festival Desa Wisata Kabupaten Purworejo Tahun 2020 sebagai peserta kehormatan (tidak ikut dalam kompetisi).

Leave a Reply

Close Menu