Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Masjid Agung Purworejo ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah.

Masjid Agung Purworejo ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah.

Masjid agung, sebagai masjid tua di jawa, dengan bedug terbesarnya menjadi daya tarik yang tidak bisa dipungkiri. Terlebih pada pekan libur panjang, masjid agung Purworejo atau Masjid Darul Muttaqin sangat ramai dikunjungi.

Menurut ta’mir masjid dan pengelola parkir di masjid agung, setiap harinya masjid ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan hingga malam, sampai dini hari. Para pengunjung ada yang memang menjadikan masjid agung sebagai tujuan utama wisata religi mereka, ada juga yang memang transit untuk beristirahat danΒ  menunaikan sholat. Setiap harinya, tidak kurang dari 10 bis pariwisata singgah di masjid ini.

Hal itu memberika n rezeki juga untuk masyarakat sekitar, mulai dari persewaan kamar mandi, warung kopi dan warung makan, hingga parkir. Namun demikian, pengelola masjid harus meningkatkan kerjasama dengan stakeholder terkait untuk meningkatkan pengelolaan yang akan berimbas pada pengguna jalan maupun kenyamanan pengunjung.

Masjid Agung Darul Muttaqin iniΒ  telah masuk di paket wisata religi Jawa Tengah bersama dengan Makam Kyai Imam Puro. Wisata religi sedang menjadi unggulan setelah Jawa Tengah mendapat predikat the best wisata religi atau wisata halal.

Leave a Reply

Close Menu