Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Museum Tosan Aji Goes To Jakarta

Museum Tosan Aji Goes To Jakarta

Kali ini ibukota menjadi sasaran Museum Tosan Aji (MTA) dalam melancarkan aksinya. Dalam rangka melaksanakan program publik untuk memperkenalkan pusaka adiluhung Bangsa Indonesia, MTA mengikuti pameran yg bertajuk Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara Expo 2019 yg digelar di Hall A Jakarta Convention Center dr tanggal 27 s.d. 30 Juni 2019. Kembali dipunggawai oleh sang kurator Bp. Purwanto, MTA membawa perlengkapan pameran yg cukup lengkap, bahkan besalen yang biasanya menghuni pojok museum, dibawa serta ke Ibukota, lengkap dengan ububan, paron, kowen dan bahan pembuatan keris lainnya.

Tema yg diangkat dalam pameran kali ini memang anti mainstream, yaitu simulasi pembuatan keris dan perawatan keris. Tidak hanya memamerkan koleksi keris atau tombak saja. Bahkan sang kurator nglemprak memperagakan proses pembuatan keris. Dan benar saja di hari pertama Pameran, Stand MTA yg berlokasi di G29 banjir pengunjung, bahkan mereka ikut-ikutan nglemprak berdialog dengan Pak Pur dan Pak Parlan. Leafletpun berkurang dengan cepat. MTA jg memberikan pelayanan konsultasi gratis tentang perawatan dan identifikasi tosan aji. Bahkan pengunjung dari Jepang yg fasih berbahasa Inggris juga tampak sangat antusias tenggelam dalam diskusi membandingkan proses pembuatan samurai dan keris.

Untuk masyarakat pecinta tosan aji kami tunggu kehadirannya di stand kami, InsyaAllah kami siap memberikan pelayanan, begitu ujar Pak Pur. Pameran berlangsung dr pukul 10.00 s.d 19.00 WIB sampai dengan Hari Minggu tgl 30 Juni 2019. Selain mengirim MTA, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Purworejo juga memamerkan berbagai potensi wisata di stand G28, so… jangan lewatkan kesempatan langka ini!

Leave a Reply

Close Menu