Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Museum Tosan Aji Masih Belum Memenuhi Standarisasi Museum

Museum Tosan Aji Masih Belum Memenuhi Standarisasi Museum

BeranggotankanΒ  3 orang , Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Museum memverifikasi Borang Standarisasi Museum pada hari selasa 28 Mei 2019 di UPT Alun-Alun Purworejo.

Kedatangan tim Direktorat Pelestarian Cagar Budaya ini bertujuan untuk menverifikasi standarisasi museum yang ada di setiap Kabupaten. Untuk kabupaten Purworejo mempunyai museum Tosan Aji yang dulunya berada di alamat Jl. Mayjend Sutoyo dan sekarang sudah pindah keΒ  area Pendopo kabupaten.

Acara verifikasi dimulai pada pukul 08.00 WIB. Tujuan Verifikasi adalah untu mengetahui apakah museum tersebut sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan atau belum. Dalam verifikasi kali ini terpusat pada bidang administrasi, sumberdaya manusia, sapras, dan gedung.

“Banyak catatan yang saya terima, memang untuk Museum Tosan Aji Sumberdaya manusianya masih belum memenuhi, untuk struktur organisasi yang masih belum pas dan beberapa anggota yang belum mempunyai sertifikat” ujar Sajiyono, S.Pd.MM.Pd, selaku Kasi Museum, Cagar Budaya Dinas , Nilai Budaya Dinparbud.

Untuk museum Tosan Aji memang masih perlu perbaikan baik dari segi administarasi yang masih belum terdokumentasi dengan rapi, dan juga SDM yang masih belum standar.

Masih belum di ketahui kapan hasil verifikasi ini keluar, karna tim Direktorat Pelestarian Cagar Budaya masih menilai museum lain yang ada di Purwokerto.

Harapanya dengan adanya tim verifikasi ini, pengembangan museum Tosan Aji dapat lebih dikembangkan dengan mendapatkan saran dan ilmu yang diberikan oleh tim verifikasi.

Leave a Reply

Close Menu