Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Parade Budaya dengan Kirab Kereta Kencana dan Bregodo

Parade Budaya dengan Kirab Kereta Kencana dan Bregodo

Parade Budaya menjadi agenda rutin yang dilaksanakan di hari jadi Kabupaten Purworejo. Sejak bulan Oktober, masyarakat sudah menunggu kemeriahan peringatan hari jadi. Setelah kajian penelusuran hari jadi Kabupaten Purworejo, menetapkan Β tanggal 27 Februari 1931 sebagai hari jadi Kabupaten Purworejo.

Di tahun- tahun sebelumnya, parade budaya disajikan dengan konsep kirab kesenian dari 16 kecamatan dan kabupaten tetangga. Namun kali ini parade budaya dalam rangka hari jadi yang pertama kali diselenggarakan setelah dikaji ulang, dikeas berbeda. Ratusan bregodo kecamatan ikut berpartisipasi dalam parade ini. Juga penampilan drumband canta lokananta Akmil Magelang yang mengawal parade, dan yang tidak kalah menarik adalah kereta kencana yang didatangkan dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ikut dalam pawai ini, dikendarai oleh Istri Bupati Purworejo, wakil bupati, dan Forkompimda. Di barisan belakangnya, kepala OPD dan kepala bagian Setda dengan delman istimewanya.

Parade budaya diawali dengan upacara pelepasan, yang dipimpin oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, SE.MM. Dan penyerahan mandat kepada Wakil Bupati untuk memimpin parade menjadi prosesi yang tidak kalah menarik. Acara dimulai dari depan Pendopo Kabupaten Purworejo dengan rute mengelilingi kota Purworejo.

Setiap tahun, acara rutin yang diselenggarakan diharapkan bisa menjadi hiburan warga dan penyelenggara selalu berinovasi agar event yang ditampilkan bisa menarik perhatian pengunjung dari dalam maupun luar negeri.

Leave a Reply

Close Menu