Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pasar Monggo Mampir, Pasar Kreatif Ketiga di Purworejo Yang Makin Ramai Dikunjungi

Pasar Monggo Mampir, Pasar Kreatif Ketiga di Purworejo Yang Makin Ramai Dikunjungi

Pasar Monggo Mampir, merupakan destinasi digital, atau pasar kreatif yang dikembangkan oleh masyarakat di Desa Sumbersari, Kecamatan Banyuurip, Purworejo. Sejak diresmikan oleh Bupati Purworejo pada 4 Maret 2019 yang lalu, semakin ramai dikunjungi masyarakat. Mulai dari kalangan remaja hingga orangtua dan keluarga.

Destinasi digital atau pasar kreatif yang mulai bermunculan, bisa menjadi destinasi baru dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar pasar yang ikut berjualan di pasar ini. Pasar ini bisa menjadi percontohan daerah lain, meskipun tidak punya destinasi alam atau yang lainnya  tetapi mengembangkan atau menuangkan ide kreatifnya di pasar kreatif.

Pasar Monggo Mampir diketuai oleh Bapak Daryanto, yang bergerak bersama Dawis mawar yang semula hanya 14 pedagang, kini sudah berkembang semakin banyak hingga satu desa. Hingga akhir Maret ini, juga suda beberapa event diadakan di pasar kreatif Monggo Mampir.

Selain pasar Monggo Mampir, Purworejo juga punya pasar inis, yang sama- sama bisa dikunjungi  pada minggu pagi. Pasar Inis diprakarsai oleh Purnomo Rianto, di Desa Brondongrejo, Bagelen. Selain Pasar Inis, ada lagi satu Destinasi Digital Kreatif sebagai destinasi penyangga kawasan Otorita Borobudur yaitu Pasar Menoreh yang diresmikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Februari yang lalu. Hanya bedanya dengan yang lain, pasar Menoreh buka di hari Minggu sore. Jika penasaran dengan Pasar Menoreh, pasar ini terletak di Desa Sedayu, Loano, Purworejo.

Leave a Reply

Close Menu