Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pelatihan Pemandu Wisata Bagi Pengelola Wisata di Purworejo

Pelatihan Pemandu Wisata Bagi Pengelola Wisata di Purworejo

Sejumlah 30 orang pengelola wisata di Kabupaten Purworejo mendapat Pelatihan Pemanndu Wisata dalam rangka Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Jasa Pariwisata. Acara ini berlangsung hari ini 28 Maret 2019. Sejak pagi, peserta mendapatkan pengarahan tentang Kebijakan Pemerintah tentang Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Purworejo. Dalam Kesempatan ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo yang diwakili Oleh Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi Wisata memberikan arahan kepada peserta.

Narasumber dalam pelatihan kali ini adalah Ketua HPI Jateng, R.Pandhu Setyabrata yang hadir memberikan materi tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, Public Speaking, dan juga Etika profesi Pramuwisata.

Dalam materi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, disampaiakn mengenai kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pemandu atau pramuwisata. Selain itu disampaikan juga tips berbicara di depan umum, memandu tamu dalam bis, menjadi local guide, dan menerima tamu di obyek wisata. Tidak hanya teori yang disampaikan, tetapi juga praktek langsung guiding di sesi akhir acara pelatihan. Pak Fauzan, salah seorang peserta pelatihan dari Loka Tamasya Sikepel cukup semangat melakukan presentasi penyambutan tamu dengan memaparkan fasilitas dan juga keindahan alam yang dimiliki oleh Obyek Wisata Hutan Pinus Kalilo.

Acara pelatihan ini adalah penyampaian materi awal sebelum diadakannya sertifikasi pemandu wisata yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dalam waktu dekat ini. DenganΒ  demikian pemandu wisata bisa benar- benar memiliki kompetensi yang dilegalkan.

Leave a Reply

Close Menu