Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pelatihan Tari Dolalak Untuk Mempersiapkan Festival Dolalak Massal 2019

Pelatihan Tari Dolalak Untuk Mempersiapkan Festival Dolalak Massal 2019

Sekitar 38 pelatih tari dolalak dan MGMP kesenian Dolalak, melakukan pelatihan tari dolalak di Pendopo Kecamatan Purworejo yang di adakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Purworejo dan penyusun materi oleh Melania Sinaring Putri S.Sn., Sri Ardiati, dan Gayuh Widiarti

Kegiatan yang di langsungkan selama dua hari yaitu jumat dan sabtu ini didominasi oleh oleh guru kesenian di SD, SMP dan SMA  yang berasal dari tiap-tiap kecamatan Kabupaten Purworejo. mengikuti instruksi dari Melania Sinaring Putri S.Sn., Sri Ardiati dan Gayuh Widiarti yang memberikan materi  7 gerakan seni tari dolalak dan 1 gerakan gabungan dari 7 gerakan tersebut dan gerakan mendem.

Pada hari pertama peserta diberikan pelatihan dari 7 gerakan terlebih dahulu lalu di praketkan , di hari kedua peserta  berlatih gabungan dari 7 gerakan dan gerakan mendem.

Pelatihan Tari dolalak ini adalah awal dari Kegiatan Festival Seni yang akan menuju ke kegiatan utama yaitu tari Dolalak Massal yang akan diselengarakan pada bulang Agustus dengan tanggal yang belum di tentukan.

Sebelum kegiatan Tari Dolalak Massal, ada 2 kegiatan yang masih menjadi runtutan acara dalam mempersiapkan Tari Dolalak Massal yaitu Pelatihan Tingkat Kecamatan  dan MGMP yang di rencanakan akan di laksanakan pada tanggal 13-22 Juni 2019 di kecamatan masing-masing sesuai dengan Koordinator Kecamatannya.

Lalu ada Festival Dolalak yaitu penampilan tari dolalak dari hasil pelatihan di tingkat kecamatan, untuk memberikan nilai lebih di harapkan penampilanya di laksanakan di destinasi wisata setempat  dengan akses jalan yang mudah dijangkau oleh masyarakat, atau di tempat yang representative yang memudahkan mendapt penonton yang rencana dilaksanakan pada 26-31 Juli 2019

Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan dalam mempersiapkan acara dari Kegiatan Festifal Seni yaitu Dolalak Massal yang di targetkan oleh Bupati mencapai 5000 peserta.

Leave a Reply

Close Menu