Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Rangkaian Karnaval di Hari Pertama Disambut Antusias Oleh Masyarakat

Rangkaian Karnaval di Hari Pertama Disambut Antusias Oleh Masyarakat

Selasa, 13 Agustus 2019 menjadi awal pelaksanaan rangkaian karnaval dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke 74. Di tingkat nasional, perayaan tahun ini bertema SDM Unggul Indonesia Maju. Karnaval Kabupaten Purworejo dibuka oleh Bupati Agus Bastian, SE.MM. Selain itu Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi Pariwisata menyampaikan laporan penyelenggara, yang menyebutkan tujuan diadakannya rangkaian karnaval tahun 2019 diantaranya untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, dan sebagai sarana mengembangkan kreatifitas dan juga hiburan masyarakat Purworejo.

Karnaval diawali dengan penampilan kategori PAUD dan TK. Sejak pukul 07.00 pagi, peserta sudah berkumpul di titik awal pemberangkatan yaitu di lapangan garnisun. Rute yang dilewati yaitu dari lapangan garnisun, keluar ke barat langsung ke selatan , menuju depan masjid agung, kemudian masuk kantor setda sebelah barat depan tamu undangan, dan finish di depan SD Maria.

Meski terbilang masih kecil, peserta karnaval pertama kali sangat antusias. Mereka menggunakan kostum karnival dari barang daur ulang, maupun kostum yang didesain menjadi aneka buah- buahan. Tidak sedikit wali dari peserta karnaval yang membuat sendiri kostum yang dikenakan putra- putrinya. Mereka menyampaikan kebahagiaan yang luar biasa ketika kostum yang digunakan merupakan hasil karyanya sendiri.

Sementara itu di sore hari, tampil iring- iringan karnaval kategori SD dan SMP. Mereka menampilkan aksi terbaik mereka di depan panggung kehormatan maupun untuk menghibur masyarakat yang sudah berjajar di sepanjang jalan. Mulai dari drumband, tari- tarian daerah, parade busana carnival dan busana adat, maupun potensi wisata dan budaya Purworejo.

Jangan lewatkan juga untuk menyaksikan karnaval kategori umum pada Selasa, 20 Agustus 2019 dan Grebeg Kamardhikan pada 24 Agustus 2019.

Leave a Reply

Close Menu