Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Workshop Sejarah Lokal Membedah Sejarah Lokal Purworejo

Workshop Sejarah Lokal Membedah Sejarah Lokal Purworejo

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melalui Bidang Kebudayaan menyelenggarakan Workshop Sejarah Lokal bagi guru- guru sejarah SMA, SMK, MA se Kabupaten Purworejo. Workshop dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2019 Β bertempat di Gedung Kesenian Sarwo Edhie Wibowo Purworejo. Workshop diikuti oleh 25 orang guru sejarah SMA, SMK, MA se Kabupaten Purworejo.

Dalam kesempatan ini hadir sebagai narasumber, Dra. Endri Kusruri dari Salatiga, Lengkong Sanggar Ginaris, Nuryadin, S.Sos.M.Pd. Kegiatan workshop di buka oleh Plh. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Zainal Abidin SE.

Di hari pertama, peserta mendapatkan materi teori, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di hari kedua, diawali dengan mengunjungi Gang Afrikan, sebagai salah satu tempat bersejarah. Disana peserta mengunjungi bekas rumah D’ruiter seorang serdadu Belanda dr afrika dan melakukan wawancara dengan penghuni rumah. Penelusuran dari sejumlah literature sejarah diketahui pemberian nama Kampung Afrikan terkait dengan sejarah Kolonial Belanda pada Abad 19. Dulu wilayah itu merupakan tempat domisili bala tentara Belanda hitam ( Londo Ireng ).

Setelah selesai melakukan wawancara dan pengamatan di Gang afrikan, peserta Workshop dipandu menuju Masjid Al Iman Loano, Benteng Loano, dan Situs Siti Hinggil Bener.

Workshop Sejarah Lokal diadakan untuk lebih memantapkan penguasaan materi sejarah- sejarah yang ada di Kabupaten Purworejo terutama untuk pengajar Sejarah di tingkat SMA/SMK/MA.

Leave a Reply

Close Menu