Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Desa Wisata Pandanrejo Terima Penghargaan 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021

Desa Wisata Pandanrejo Terima Penghargaan 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno siang kemarin menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Desa Wisata Pandanrejo yang berhasil meraih predikat sebagai 50 Desa Wisata Terbaik “Desa Wisata Indonesia Bangkit” Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Prestasi ini tentunya akan memberikan motivasi bagi pelaku wisata Kabupaten Purworejo untuk bangkit pasca pandemi Covid 19.
Rombongan Menparekraf tiba di Desa Wisata Pandanrejo Kaligesing pada Selasa 12 Oktober 2021 dan meninjau langsung wisata kambing etawa atau yang lebih dikenal dengan Kambing Kaligesing yang merupakan salah satu paket wisata unggulan dari Desa Pandanrejo. Selain kampung cantik dengan wisata edukasi susu kambing, rombongan juga disuguhkan keindahan Bukit Sebutrong menggunakan jeep wisata. Bukit Sebutrong, bukit batu yang berbentuk menyerupai gajah. Bukit ini tersusun dari batuan kristal (watu lintang) dan batuan kapur (watu gamping). Nama Sebutrong diambil dari kata “sebut rong” yang artinya banyak lubang. Hal ini dikarenakan bukit ini memiliki banyak lubang yang awalnya menjadi sarang landak.
Tak hanya itu, pesona lain dari Desa Wisata Pandanrejo adalah menikmati sunset sambil menyeduh kopi khas desa Pandanrejo dan juga kuliner lain seperti dawet goreng, nasi bakar Gugah, nasi tumpeng Tiwul, dan lainnya. Menparekraf Sandiaga Uno juga menyampaikan pentingnya sarana promosi melalui berbagai kanal media untuk lebih memperkenalkan potensi wisata Desa Pandanrejo, Kaligesing.
Selain potensi keindahan alam yang dimiliki desa ini, wisatawan juga disuguhkan tarian Incling Wedus. Tari ini sendiri merupakan tari kuda lumping dengan variasi kostum penari yang menyerupai kambing Etawa serta topeng yang berbentuk kepala kambing Kaligesing. Tarian Incling Wedus ini merupakan upaya melestarikan kesenian asli Desa Pandanrejo.
Turut hadir dalam acara ini Bupati Purworejo beserta Forkompimda, Direktur Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, dan Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan, Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua.

Tinggalkan Balasan

Close Menu