Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Dinparbud Identifikasi Temuan Benteng Pendem dan Semen Jaman Jepang di Desa Tlogokotes

Dinparbud Identifikasi Temuan Benteng Pendem dan Semen Jaman Jepang di Desa Tlogokotes

Jum’at, 30 Juli 2021 tim dari Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo yang terdiri dari Agung Pranoto, S.Sos Kepala Bidang Kebudayaan, Sajiyono, S. Pd, MM.Pd Kepala Seksi Kesejarahan, Museum, Cagar Budaya, Nilai Budaya dan Nilai Tradisi, Suparlan dan Nofi Ratna meninjau lokasi temuan benteng pendem dan benda yang diduga kuat semen sisa pembangunan Benteng Jepang di Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.

Berdasarkan laporan dari warga bahwa telah ditemukan barang yang diduga semen (bahan bangunan) yang telah membatu, kuat dugaan sisa dari pembangunan benteng Jepang di lokasi Benteng Pendem di Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo. Semen tersebut ditemukan saat warga sedang menggali di area sekitar benteng untuk penataan lokasi wisata dimana lokasi tersebut merupakan Kawasan obyek wisata Gunung Buthak, tepatnya di tanah milik Bapak Sutarjo Dusun Krajan Rw.01/ Rt.04 Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen Purworejo. Adapun hasil identifikasi sebagai berikut :

  1. Benteng Pendem yang berada di lokasi Kawasan obyek wisata Gunung Buthak secara astronomis terletak pada 7°50’19.218″ LS dan 110° 2’0.114″ BT dan pada ketinggian 152 mdpl, berfungsi sebagai pillbox / benteng pengintai. Kondisi benteng saat ini tidak mengalami perubahan dan masih terlihat bentuknya, dengan 1 lorong pintu masuk, 2 lubang intai/ tembak menghadap ke Barat Laut dan Timur Laut dan terdapat lubang aliran air di bawah sudut antara dinding. 
  2. 1 buah semen (bahan bangunan) yang diduga milik Tentara Jepang pada jaman dahulu, ditemukan oleh warga saat menggali sekeliling benteng kurang lebih sedalam 1,5 meter di samping kiri lorong pintu benteng. Semen tersebut ditemukan dengan kondisi yang sudah padat atau mengeras dengan terdapat motif bekas bungkus semen (karung) berukuran panjang 42 cm, lebar 29 cm dan tebal 17 cm.

Keberadaan benteng pendem akan dimanfaatkan oleh Pokdarwis Argojoyo Tlogokotes dan Pemerintah Desa Tlogokotes sebagai salah satu daya tarik wisata di Kawasan Obyek Wisata Gunung Buthak Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Purworejo.

Dari koordinasi dengan pihak pemerintah Desa Tlogokotes, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan meminta agar Pemerintah Desa melindungi dan merawat benda tersebut serta membuat pagar pembatas sederhana untuk mencegah dari kerusakan, mengingat lokasi tersebut menjadi kawasan obyek wisata.

Tinggalkan Balasan

Close Menu