Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Dinparbud Purworejo mengikuti Rakor Penyusunan Profil Usaha Ekraf 2021 di Disporapar Provinsi Jawa Tengah

Dinparbud Purworejo mengikuti Rakor Penyusunan Profil Usaha Ekraf 2021 di Disporapar Provinsi Jawa Tengah

Dinparbud Kabupaten Purworejo mengikuti Rapat Koordinasi Penyusunan Profil Usaha Ekonomi Kreatif Jawa Tengah Tahun 2021. Acara ini dihadiri Sulistiyo, S.Pd., MM selaku sekretaris Disporapar Jateng dan Ir. Istiyastuti selaku Kasi Pengembangan SDM Ekraf Disporapar dan diikuti perwakilan dari Dinas Instansi yang menangani Pariwisata dan Ekonomi Kreatif se Propinsi Jawa Tengah. Rapat diselenggarakan secara 2 tahap yaitu pada tanggal 29 & 30 Maret 2021 sesuai jadwal untuk mencegah penyebaran covid19. Sulistiyo mengatakan bahwa Rapat Koordinasi adalah untuk membangun sinergitas bersama dalam upaya membangun Ekonomi Kreatif Jawa Tengah. Tidak semua UMKM itu adalah ekraf tetapi ekraf bisa jadi UMKM.
Pada tahun 2018 Provinsi Jawa Tengah sudah melakukan pendataan untuk komunitas, usaha dan lembaga Ekraf yaitu sampai saat ini ada 4027 pelaku ekraf, 100 komunitas, 50 usaha dan 29 lembaga. Tahun 2021, sudah ada 14 kabupaten/kora ekraf di Jawa Tengah, yang nantinya pada tahun berikutnya bisa bertambah menjadi 18 kabupaten/kota ekraf yang menjadikan Provinsi Jawa Tengah sebagai provinsi kreatif pertama. Istiyastuti menyampaikan agar tim pendata ekonomi di kabupaten/kota bisa menginput data ekraf di aplikasi direktori ekraf. Data yang diinput berupa pelaku/pemilik ekraf, usaha ekraf dan produk ekraf.

Sulistiyo mengharapkan akan adanya sinergitas antara para stakeholder (pentahelix) dalam pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Tengah. Ekonomi Kreatif pada dasarnya adalah mengenai sinergi dan kolaborasi berbagai stakeholder, tidak sekedar pemerintah saja, tetapi juga pelaku usaha, asosiasi dan komunitas. Indonesia dalam Ekonomi Kreatif, harus terus dikembangkan Ekosistem Ekonomi Kreatif, jika bicara ekosistem maka semuanya harus bergerak, bekerja sama dan bersinergi, tanpa itu Ekonomi Kreatif sulit diwujudkan.

Tinggalkan Balasan

Close Menu