Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Hutan Pinus Sikepel, Paket Lengkap Untuk Menikmati Liburan

Hutan Pinus Sikepel, Paket Lengkap Untuk Menikmati Liburan

Hutan Pinus Sikepel berada di Kembang Kidul, Jati, Kecamatan Bener. Nama Sikepel sendiri berasal dari cerita rakyat diamana pada zaman dahulu ada seorang pertapa yang mencari tempat untuk bertapa. Sang petapa mencari tempat yang sejuk dengan banyak pepohonan, memiliki aroma wewangian bunga dan berada di gunung atau dataran tinggi. Sikepel sudah memenuhi kedua sarat petapa namun untuk yang ketiganya belum karena pada saat itu sikepel masih berupa dataran rendah. Dan si petapa ingin tempat itu di jadikan gunung. Saat itu ada orang pintar yang menawarkan kepada si petapa bahwa dia sanggup membuat gunung di tempat tersebut dalam waktu satu malam. Setelah satu malam si petapa kembali ke tempat itu dan mendapati bahwa tempat itu sudah bertambah tinggi namun belum seperti ekspektasinya diamana tempat tersubut hanya menjadi sebuah bukit. Lalu si petapa mengatakan “lah kok dadine mung se-kepel”. Kemudian petapa tetap menjalankan pertapaannya di tempat tersebut dan menghukum si orang pintar untuk menemani sipetapa selama dia bertapa di tempat tersebut. Nama si kepel diabil dari perkataaan petapa saat dai kecewa dengan pekerjaan si orang pintar yang hanya mampu membuat bukit sekepel (sekepalan tangan).

Di Hutan Pinus Sikepel ini memiliki banyak wahana foto yang asik dan instagramable. Tempat ini juga menyediakan aula dan camping ground selain itu juga tersedia panggung pementasan yang tentunya dapat pengunjung gunakan. Dan bagi kalian yang ingin menikah dan ingin konsep resepsinya outdoor Hutan Pinus Sikepel juga bisa menjadi tempat yang sesuai dan sudah di sediakan paket weding dari pengurus Hutan Pinus SiKepel. Selain itu terdapat track untuk sepeda MTB, Motocross atau ATV. Bagi yang suka olaraga ekstream tempat ini sangat cocok. Ataupun untuk yang bingung mencari tempat outbound Hutan Pinus Sikepel juga menyediakan wahana yang seru untuk outbound. Dan juga tentunya banyak paket untuk kegiatan yang bisa dlakukan di sana.

Untuk kuliner khas, Sikepel memiliki makanan khas yaitu sego kepel dan wedang wali. Selain itu Sikepel punya makanan khas yang harus kalian coba namany Sagon. Sagon di Sikepel berbeda dari sagon yang biasanya di hidangkan pada saat lebaran, sagon dari Sikepel bertekstur empuk dan tergolong makanan basah. Walaupun berbeda namun rasanya dan sensasi saat mengunyah sagon ini membuat mulut tidak ingin berhenti mengunyah. Pokoknya kalian harus coba makanan satu ini jika kalian mampir ke Sikepel. Selain Sagon masih banyak makanan khas Kabupaten Purworejo yang di jual di sana, dan tntunya kalian juga bisa mendapatkan berbagai macam jajanan khas dengan harga yang murah. Jadi tunggu apa lagi ayo main ke Sikepel.

Leave a Reply

Close Menu