Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pelatihan Mitigasi Bencana di Destinasi Pariwisata Bagi Pengelola Daya Tarik Wisata di Kabupaten Purworejo

Pelatihan Mitigasi Bencana di Destinasi Pariwisata Bagi Pengelola Daya Tarik Wisata di Kabupaten Purworejo

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana di Destinasi Pariwisata bagi Pengelola Daya Tarik Wisata di Kabupaten Purworejo pada tanggal 11-13 November 2021 di Hotel Sanjaya Inn Jl. Tentara Pelajar No 2 Purworejo dan Kunjungan Lapangan sekaligus praktik Rescue Vertikal di Hutan Pinus Loka Wisata Si Kepel Desa Jati Kec. Bener Kab. Purworejo dan Destinasi Wisata Gunung Manggul Joyo, Cacaban Kidul Kec. Bener Purworejo. Peserta Pelatihan Mitigasi Bencana diikuti oleh Pengelola Daya Tarik Wisata yang ada di Kabupaten Purworejo sebanyak 40 orang.
Kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana di Destinasi Pariwisata Pelatihan Mitigasi Bencana di Destinasi Pariwisata dihadiri dan dibuka langsung oleh Ass II Sekda (Bidang Ekonomi dan Pembangunan) Bp. Drs. Boedi Hardjono dan dilanjutkan membahas mengenai Penanganan Krisis Bencana Penyakit (Covid-19) di Sektor Pariwisata dengan Narasumber dari Ass. I Sekda (Bidang Pemerintahan) Bp. Drs. Bambang Susilo.
Pada hari kedua, Jumat, 12 November dilanjutkan membahas mengenai Pentingnya Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan dengan Narasumber dari Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo, Bp Agung Wibowo, AP., MM. Kemudian dilanjutkan membahas tentang Manajemen Resiko dan Bencana dengan Narasumber dari SMK N 2 Purworejo, Bp. Agung Kori WP dan Bp. Wicaksono Puji dan diteruskan membahas Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan Akibat Bencana di Kabupaten Purworejo dengan Narasumber dari SMKN 4 Purworejo, Bp. Edi Mardiyanto, ST. Selanjutnya materi Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan Berkualitas di Destinasi Pariwisata oleh BPBD dan Evaluasi Penyelenggaraan Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Pariwisata di Destinasi Pariwisata oleh BASARNAS dan terakhir ditutup dengan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) oleh PMI.
Pada hari ketiga, 13 November 2021 kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana di Pariwisata adalah Kunjungan Lapangan dilanjutkan Praktik Lapangan “Rescue Vertikal” di Hutan Pinus Loka Wisata Si Kepel Desa Jati Kec. Bener Kab. Purworejo dan dilanjutkan ke Gunung Manggul Joyo, Cacaban Kidul Kec. Bener Purworejo. Peserta Pelatihan Mitigasi Bencana di Pariwisata berkesempatan praktik langsung dengan praktisi dari BASARNAS Cilacap. Peserta sangat antusias mencoba langsung praktik rescue vertical, dimana peserta menuruni tebing menggunakan alat-alat yang safety.
Kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana di Destinasi Pariwisata ini dapat bermanfaat bagi Pengelola Daya Tarik Wisata di lapangan, agar mengetahui dan memahami pentingnya mitigasi bencana dan pengelolaan krisis kepariwisataan di destinasi pariwisata. Selain itu, peserta diharapkan dapat memahami standar dan ketentuan mitigasi bencana di destinasi pariwisata serta nantinya dapat melakukan evaluasi terhadap upaya mitigasi bencana dan pengelolaan krisis kepariwisataan di destinasi pariwisata.

Tinggalkan Balasan

Close Menu