Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pelatihan Pemandu Wisata Caving/ Susur Goa

Pelatihan Pemandu Wisata Caving/ Susur Goa

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan kegiatan pelatihan sumber daya manusia (SDM) bagi pemandu wisata alam caving (susur goa) pada 14-16 Juni 2021. Kegiatan ini di selenggarakan selama tiga hari dan bertempat di Hotel Sanjaya Inn Purworejo. Kegiatan ini terlaksana dengan sumber dana yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Kabupaten Purworejo tahun 2021.

Kabupaten Purworejo mempunyai sejumlah potensi wisata goa yang tersebar di kawasan Timur yaitu di Kecamatan Kaligesing diantaranya adalah Goa Seplawan, Taman Batu Goa Sekantong, Goa Nguwik dan Goa Anjani. Selain itu terdapat juga Goa Gong di Kecamatan Pituruh dan Goa Silumbu di Kecamatan Kemiri. Melihat potensi tersebut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan pelatihan untuk membantu meningkatkan kapasitas SDM pengelola daya tarik wisata goa khususnya bagi pemandu wisata goa di Purworejo.

Dalam kegiatan ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menggandeng sejumlah praktisi pemandu wisata goa dari DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Jawa Tengah, praktisi keamanan dan keselamatan penelusuran gua dari BPBD Kabupaten Purworejo dan tim gugus tugas covid-19 dari RSUD Tjitrowardojo Purworejo. Adapun pelatihan yang diberikan berupa pelatihan teori dan pelatihan praktik lapangan. Dalam pelatihan ini diikuti oleh 40 orang terdiri dari pengelola goa, para juru pelihara, pengelola wisata air baik sungai maupun, air terjun.

Kegiatan pelatihan ini menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan covid-19 selama berlangsungnya kegiatan. Sebelum acara dilaksanakan, dilakukan penyemprotan desinfektan di ruangan yang akan digunakan selama pelatihan. Selain itu juga dilakukan tes GeNose untuk memastikan bahwa semua peserta yang ikut serta dalam kegiatan pelatihan bebas dari covid-19.

Pada hari pertama (14 Juni 2021) peserta mengikuti pelatihan dengan materi tentang kepemanduan wisata secara umum dan informasi tentang goa. Kemudian di hari ke-2 (15 Juni 2021) materi pelatihan mengenai keamanan dan keselamatan penelusuran goa; dan penyelenggaraan kegiatan wisata goa selama pandemi covid-19. Hari terakhir (15 Juni 2021) ditutup dengan studi lapangan dan praktik kepemanduan wisata goa secara langsung di Goa Jatijajar, Kebumen.

Tinggalkan Balasan

Close Menu