Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Kabupaten Purworejo

Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Kabupaten Purworejo

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan pelatihan bagi pengelola desa wisata di Kabupaten Purworejo pada 24 Juni 2021. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari hingga tanggal 26 Juni 2021 bertempat di Sanjaya Inn Hotel Purworejo. Sumber dana yang digunakan berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Non Fisik Kabupaten Purworejo tahun 2021. Kegiatan ini merupakan pelatihan ke-3 yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menggunakan DAK Non Fisik. Sebelumnya, telah dilaksanakan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Caving/ Susur Goa, dan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya.
Saat ini desa wisata merupakan tren pariwisata alternatif yang banyak diminati masyarakat. Desa wisata adalah konsep pariwisata yang berkelanjutan dimana konsep ini lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal. Selain itu, dengan desa wisata akan menggerakan perekonomian di pedesaan dan masyarakat ikut diperdayakan di dalamnya. Kabupaten Purworejo mempunyai sejumlah desa yang mengusung konsep desa wisata. Sebanyak sepuluh desa menjadi peserta dalam pelatihan ini, diantaranya adalah Pandanrejo, Kaligono, Somongari, Ketawangrejo, Benowo, Sukowuwuh, Purbayan, Kaliwungu, Kaliurip, dan Giyombong.
Dinas Parwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo bekerja sama dengan Desa Wisata Institute untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada sepuluh desa peserta pelatihan tersebut.

Adapun topik dalam pelatihan hari pertama (24 Juni 2021) adalah tentang (1) Kebijakan Pemkab Purworejo dalam Pengembangan Desa Wisata yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, (2) Desa Wisata daam Sistem Kepariwisataan, (3) Membangun Masyarakat Desa Sadar Wisata Melalui Sapta Pesona dan Pelayanan Prima.
Kemudian pada hari kedua (25 Juni 2021) materi yang disampaikan mengenai (1) Membangun Kelembagaan Pengelola Desa Wisata, (2) Pengembangan Produk Pariwisata Berbasis Masyarakat, (3) Pengelolaan Desa Wisata pada Masa Penanganan Covid-19. Pada hari terakhir (26 Juni 2021) peserta melakukan kunjungan ke Desa Wisata Pandanrejo, Kaligesing untuk melihat dan merasakan secara langsung tentang paket-paket wisata yang ditawarkan. Di akhir sesi kunjungan diadakan sesi diskusi yang dipandu langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Promosi Pariwisata, Dyah Woro S, S.Sos. MM.
Kegiatan ini sepenuhnya dilakukan dengan protokol kesehatan melihat perkembangan covid-19 yang kembali bergejolak khususnya di wilayah Jawa Tengah. Upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kluster baru dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan penyemprotan desinfektan di ruang kegiatan pelatihan dan seluruh peserta telah melalui screening tes covid-19 dengan GeNose sebelum mengikuti kegiatan. Seluruh peserta yang hadir dipastikan bebas dari covid-19 dengan hasil tes GeNose negatif.

Tinggalkan Balasan

Close Menu