Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pemandu Wisata Budaya Ikuti Pelatihan Sekaligus Studi Lapangan di Candi Borobudur

Pemandu Wisata Budaya Ikuti Pelatihan Sekaligus Studi Lapangan di Candi Borobudur

Rabu, 17 Juni 2021 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo melaksanakan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya Kabupaten Purworejo tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sanjaya Inn Purworejo selama tiga hari (17-19 Juni 2021). Tujuan dari penyelenggaraan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pemandu wisata budaya di Kabupaten Purworejo. Sejumlah 40 orang yang terdiri dari juru pelihara cagar budaya dan pelaku budaya di Kabupaten Purworejo sebagai peserta dalam pelatihan ini.

Di Kabupaten Purworejo terdapat sejumlah cagar budaya diantaranya adalah Museum Tosan Aji, Bedhug Pendowo, Gereja Santa Perawan Maria, Gereja GPIB Griya Mulya, Klenteng Thong Hwie Kiong, Gereja Kyai Sadrach dan beberapa cagar budaya lainnya. Selain itu, Kabupaten Purworejo juga memiliki beberapa event budaya yaitu Grebeg Loano, Resik Sumur Pitu Desa Cangkrep Kidul, Sedekah Laut Desa Kertojayan, Jolenan Somongari, Baritan Kambing Pandanrejo, Guyang Jaran Karangrejo, dan event budaya lainnya.

Narasumber terdiri dari DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Jawa Tengah, akademisi wisata budaya, dan DPC HPI Kabupaten Purworejo yang membantu dalam proses diskusi serta praktek kepemanduan. Dalam kesempatan ini HPI memberikan pendampingan kepada pelaku pemandu wisata budaya di Purworejo secara teori maupun praktik lapangan.

Pelatihan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, sebelum berlangsungnya kegiatan telah dilakukan penyemprotan desinfektan di ruangan tempat berlangsungnya kegiatan, juga dilakukan tes GeNose kepada seluruh peserta untuk memastikan bahwa semua peserta yang terlibat bebas dari covid-19.

Dalam pelatihan ini, dua hari pertama (17-18 Juni 2021), para narasumber memberikan materi secara teori tentang kepemanduan budaya dan diskusi kelompok dengan studi kasus. Kemudian di hari terakhir (19 Juni 2021), peserta melaksanakan studi lapangan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Melalui pelatihan ini diharapkan agar para pemandu wisata budaya di Purworejo mempunyai kompetensi kepemanduan dasar dalam memandu wisata budaya.

Tinggalkan Balasan

Close Menu