Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pembukaan Pelatihan dan Pendampingan AKB kepada SDM Parekraf tahun 2021 di Desa Wisata Pandanrejo, Kaligesing

Pembukaan Pelatihan dan Pendampingan AKB kepada SDM Parekraf tahun 2021 di Desa Wisata Pandanrejo, Kaligesing

Pada tahun 2021, Badan Otorita Borobudur mulai mengembangan Zona wisata Otorita seluas 309 Ha yang meliputi daerah Kabupaten Magelang, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Purworejo atau  disingkat Gelangprojo. Pengembangan dilakukan dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan adaptasi kebiasaan baru kepada SDM pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Jateng-DIY.

Pembukaan pelatihan dan pendampingan adaptasi kebiasaan baru kepada SDM pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) dilaksanaan di Bukit Siboetrong, Desa Pandanrejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo pada hari Senin (15/3/2021). Kegiatan dibuka dengan Tari Dolalak  dari Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini dihadiri oleh:

  1. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya melalui video conference
  2. Direktur Destinasi Pariwisata BOB, Agustinus Peranginangin
  3. Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik BOB, Sigit Widiyanto
  4. Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta
  5. Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng, Riyadi Kurniawan selaku Kasi DTW Disporapar Prov Jateng
  6. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo, Joko Mursito
  7. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, SE., MM.
  8. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Dyah Woro S, S.Sos. selaku Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi Pariwisata
  9. Lembaga Sertifikasi Jana Dharma Indonesia
  10. Camat dan Muspika Kecamatan Kaligesing

Dyah Woro Setyoningsih, S.Sos., Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Promosi Pariwisata Kabupaten Purworejo menyampaikan mindset wisatawan menjadi sedikit berbeda karena adanya pandemi covid-19. Sasaran kunjungan wisatawan saat ini adalah wisata alam yang sehat, aman dan bersih. Salah satu destinasi wisata Purworejo yang memiliki keindahan alam dan fasilitas yang menerapkan keamanan, kesehatan dan kebersihan adalah Desa Wisata Pandanrejo. Hal ini yang menjadi dasar Desa Wisata Pandanrejo menjadi binaan BOB dan terpilih menjadi tempat launching kegiatan dari BOB.

Pada acara talkshow, Direktur Destinasi Pariwisata BOB Agustin Peranginangin menerangkan bahwa kegiatan pelatihan akan dilaksanakan pada tujuh titik destinasi yaitu desa Pandanrejo, Sedayu, Benowo, Ngargoretno, Ngarhosari, Gerbosari dan Pagerharjo. Masing-masing desa akan diadakan pelatihan, sosialisasi, pendampingan yang akhirnya akan ada self declare sebagai komitmen dalam pelaksanaan protokol kesehatan di destinasi wisata yang akan diadakan pada tanggal 7 April 2021. Aktivitas pelatihan dan pendampingan antara lain adalah pembekalan materi terkait carrying capacity, alur wisatawan, traffic management, pemetaan kunjungan wisatawan, SOP pengelolaan destinasi dan simulasi kunjungan wisatawan oleh pengelola destinasi wisata.

 

Tinggalkan Balasan

Close Menu