Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pengelola Wisata Berkreasi Dengan Kuliner Khas Daerahnya

Pengelola Wisata Berkreasi Dengan Kuliner Khas Daerahnya

Pelatihan pemandu wisata kuliner diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai hari ini 11 hingga 13 Oktober mendatang. Narasumber dihadirkan langsung dari pakar kuliner yaitu pengajar dari SMKN 3 Purworejo. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan peningkatan Kapasitas SDM Kepariwisataan  dengan sumber dana DAK 2019.

Kuliner khas merupakan identitas suatu daerah, terlebih untuk pengembangan pariwisata. Jika daerah- daerah lain sudah memiliki identitas makanan khas, Purworejo memiliki banyak potensi namun belum diangkat ke permukaan. Dengan pelatihan ini diharapkan memunculkan kuliner khas Purworejo yang memiliki tampilan maupun cita rasa yang menarik minat wisatawan. Pelatihan kuliner ini diikuti oleh peserta dari desa wisata yang memiliki potensi untuk mengembangkan kuliner khas wilayahnya. Materi yang diberikan antara lain mengenai pengenalan menu, bahan makanan, penataan, kreatifitas dan kewirausahaan dan praktek langsung. Praktisi- praktisi kuliner juga menyampaikan bahwa penyajian  kuliner di lokasi wisata juga harus memperhatikan aspek kebersihan.

Tidak sedikit peserta yang sudah memiliki keahlian memasak, bahkan pengalaman sebagai koki di luar negeri.  Hal ini membuat peserta maupun narasumber semakin semangat mengikuti pelatihan hingga malam hari. Di hari terakhir, peserta mengikuti evaluasi tentang materi teori maupun praktek yang telah diikuti oleh peserta.

Leave a Reply

Close Menu