Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Pokdarwis Goes To Campus di Universitas Gadjah Mada

Pokdarwis Goes To Campus di Universitas Gadjah Mada

Pembelajaran Pokdarwis dilakukan kembali selain studi tiru ke Tebing Breksi, juga mengunjungi Pusat Studi Pariwisata (Puspar UGM). Disini, peserta yang berasal dari anggota Pokdarwis se Kabupaten Purworejo yang berjumlah 50 orang mengikuti materi yang disampaikan oleh Destha T Raharjana dari Pusat Studi Pariwisata UGM pada Jumat, 29 Desember 2019.

Destha T Raharjana atau akrab dipanggil Pak Destha memaparkan kiat bagaimana meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan Kelompok Sadar Wisata.  Bagaimana memahami wisatawan, apa yang dibutuhkan oleh wisatawan yang merupakan bagian dari gerakan sadar wisata dan sapta pesona.

Sebelumnya, di Pokdarwis Tlatar Seneng yang merupakan pengelola obyek wisata Tebing Breksi  Sambirejo, Prambanan, Sleman menceritakan bagaimana kisah sukses membuka obyek wisata Tebing Breksi yang kini mencapai tingkat kunjungan  hingga 1 juta lebih di akhir tahun 2018. Hal- hal yang harus dipertahankan oleh pengelola wisata diantaranya gotong royong, kerjasama dan saling percaya, musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan, dan penerapan sapta pesona sehingga Tebing Breksi bisa menajdi obyek yang luar biasa hingga saat ini.

Studi banding dan juga pembeajaran di kampus diharapkan bisa menambah semangat dan wawasan anggota Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Purworejo dan juga mempelajari kiat sukses pengelolaan obyek wisata.

 

Tinggalkan Balasan

Close Menu