Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Potensi Bukit Seribu Besek Mulai Dilirik Anggota DPRD

Potensi Bukit Seribu Besek Mulai Dilirik Anggota DPRD

Selasa, 9 Februari 2021 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo berkesempatan untuk mendampingi M. Abdullah dari DPRD Komisi IV untuk berkunjung ke Bukit Seribu Besek. Hal ini diinisiasi warga sebagai langkah untuk pengembangan wisata di Area Bukit Seribu Besek. Warga setempat tampak semangat menyambut kehadiran dari Anggota DPRD dan tim. Acara ini  dilakukan dengan mematuhi protokol Kesehatan Covid 19.

M Abdullah diajak untuk melihat sentra pengrajin besek yang terdapat di Dusun Kalipancer, Bener. Pengrajin yang mayoritas ibu-ibu ini menceritakan bahwa harga jual yang saat ini mengalami peningkatan yaitu kisaran Rp 1.100,00 hingga Rp 1.700,00 per satu pasang. M. Abdullah dengan seksama mendengarkan kisah dari masyarakat di daerah pilihannya. Selanjutnya warga juga menyuguhkan kesenian Kuda Lumping Sido Seneng yang semenjak pandemi ini sudah mengalami penurunan untuk jadwal pentasnya. Setelah puas dengan pertunjukan kesenian Kuda Lumping, kami diajak untuk mengunjungi home industry pembuatan makanan khas olahan ketela dan ubi. Warga setempat sangat terampil mengolah makanan khas seperti grubi, criping ketela, criping singkong, dan juga lanting. Mengarah ke atas dekat dengan Bukit Seribu Besek kami disuguhkan Tari Toyak. Tarian tradisional yang merepresentasikan tentang bela diri atau pencak silat.

Pada puncak acara diadakan sarasehan di aula Bukit Seribu Besek. Kepala Desa juga turut hadir pada kesempatan kali ini. M. Abdullah menekankan bahwa menjadi desa wisata unggulan harus memiliki sesuatu yang unik dan khas. Beliau juga berpesan untuk bagaimana meningkatkan Length of Stay atau masa tinggal wisatawan agar wisatawan betah berlama-lama di Bukit Seribu Besek. Warga juga berharap agar Bendung Bener dapat membangun perekonomian warga setempat. Acara tersebut berlangsung dengan cukup interaktif sehingga warga dapat menyampaikan aspirasi langsung ke wakil rakyat mereka.

Tinggalkan Balasan

Close Menu