Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Potensi Lokal Makanan Jipang Desa Luwenglor Layak Untuk Dikembangkan

Potensi Lokal Makanan Jipang Desa Luwenglor Layak Untuk Dikembangkan

Rapat Koordinasi Pengembangan Potensi Lokal Makanan Jipang (Olahan Beras) di Desa Luwenglor Kecamatan Pituruh dilaksanakan pada Senin, 29 Maret 2021. Kegiatan rapat ini diinisiasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKP) Kabupaten Purworejo yang kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan masyarakat pembuat kuliner Jipang Ketan Desa Luwenglor. Turut hadir dalam rapat koordinasi ini; Camat Pituruh; Kepala Desa Luwenglor; Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Purworejo; Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo; Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo; dan Bappeda Kabupaten Purworejo; serta 30 orang pelaku usaha pembuat Jipang Ketan Desa Luwenglor dengan menjalankan protokol kesehatan.

Luwenglor mempunyai kurang lebih 60 orang pelaku usaha pembuat Jipang Ketan. Melalui rapat koordinasi ini diharapkan potensi kuliner Jipang Ketan di Desa Luwenglor bisa dikembangkan dengan meningkatkan kapasitas SDM pelaku usaha, dan standardisasi kualitas produk. Dinas KUKMP menggandeng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk membantu mempromosikan potensi Jipang Ketan Desa Luwenglor sebagai daya tarik wisata baru di Kabupaten Purworejo.

Dyah Woro S, Sos, MM mewakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebupaten Purworejo dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa untuk menjadikan daya tarik wisata kuliner Jipang Ketan perlu digali lagi mengenai asal usulnya sehingga cerita tersebut dapat dijadikan sebagai storytelling produk bagi wisatawan yang akan berkunjung; perlu juga diperhatikan mengenai informasi tanggal kadarluasa produk yang harus dicantumkan pada kemasan produk; dan perlu adanya kegiatan penunjang sebagai daya tarik wisata, seperti contohnya kegiatan Nderes , pengolahan Jipang Ketan yang bisa dijadikan sebagai tontonan maupun edukasi bagi wisatawan.

Tinggalkan Balasan

Close Menu