Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Sarasehan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Sarasehan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo telah menyelenggarakan Sarasehan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa pada Rabu, 16 Juni 2021 di Balai Pertemuan Dana Warih Paguyuban Ngesti Tunggal (Pangestu) Kelurahan Pangenjurutengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.

Dibuka secara resmi oleh Agung Wibowo,AP,MM selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, kegiatan sarasehan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Seluruh peserta mengikuti protokol kesehatan dari pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan sebelum memasuki ruangan acara.

Sarasehan penghayat kepercayaan diikuti oleh perwakilan dari 9 kelompok penghayat kepercayaan yaitu Paguyuban Kebatinan Setia Budi Perjanjian 45 (SBP 45), PPK Subud (Susilo Budi Darma), Ngudi Utomo, Imbal Wacana, Paguyuban Ngesti Tunggal (Pangestu), Kapribaden, Hardo Pusoro, Persatuan Warga Sapta Dharma (PERSADA) dan PEMUD.

Penghayat kepercayaan sendiri adalah mereka yang menganut aliran kepercayaan diluar enam agama dominan yang dikenal masyarakat umum di Indonesia seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Adanya aliran kepercayaan tersebut merupakan warisan yang diturunkan oleh leluhur berbagai daerah yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Purworejo.

Adanya berbagai kepercayaan merupakan salah satu keragaman yang menjadi ciri kemajemukan masyarakat Indonesia terkhusus di Kabupaten Purworejo. Hal tersebut bisa ditemukan juga pada penghayat kepercayaan sebagai salah satu kelompok yang sering terlupakan bahkan asing bagi sebagian masyarakat.

Sarasehan penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kabupaten Purworejo dilaksanakan setiap satu tahun sekali dengan tuan rumah bergantian antar kelompok  penghayat, hanya saja pada tahun 2020 tidak dilaksanakan karena adanya pandemi dan pembatasan sosial. 

Pada sarasehan kali ini diisi dengan materi pembinaan dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo, AP. MM, Dedy Fajar A. dari Kejaksaan Negeri Purworejo, AKP. H. Prayogo, SB, SH dari Polres Purworejo dan Gigih Marsudi, MM dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Purworejo.

Tinggalkan Balasan

Close Menu