Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Sepanjang Bulan Suro, Museum Tosan Aji Menjamas Koleksi Pusakanya

Sepanjang Bulan Suro, Museum Tosan Aji Menjamas Koleksi Pusakanya

Sepanjang bulan suro, Museum Tosan Aji menjamas koleksi pusakanya.  Koleksi museum tosan aji yang berjumlah ribuan dilakukan proses penjamasan oleh tim museum tosan aji. Penjamasan akan dilakukan sampai bulan suro berakhir. Jamasan untuk seluruh pusaka dilakukan secara bertahap karena tidak mungkin diselesaikan dalam satu hari. Tidak hanya koleksi milik Museum Tosan Aji, ratusan pusaka milik masyarakat pun juga dititipkan untuk ikut dijamas.

Beberapa saat yang lalu, utuk pertama kalinya Museum Tosan Aji melakukan ritual yang disiarkan secara langsung melalui akun media social Youtube dan instagram. Hal itu dilakukan karena dimasa ini belum diperbolehkan mengadakan kegiatan yang mengundang kerumunan massa. Meskipun pandemic covid, edukasi tentang jamasan tetap bisa dilakukan.

Prosesi jamasan dilaksanakan di halaman Museum Tosan Aji diawali dengan penyerahan secara simbolis pusaka yang akan dijamas dari Bupati Purworejo kepada juru jamas. Setelah itu pusaka diarak oleh prajurit dan para petugas paraga yang berpakaian jawa.

Yang pertama kali dijamas adalah pusaka Bupati yaitu keris tilam upih dengan pamor kulit semangka usianya sekitar 350 tahun dari zaman Mataram. Yang kedua Singobarong yakni keris usia 400 tahun dari Mataram juga. Kemudian ada tombak kulup melati, pedang sunduk dan kudi yang masing-masing usianya juga sekitar 400 tahun.

Tinggalkan Balasan

Close Menu