Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Purworejo

Workshop Virtual Konser ” Tribute to WR Soepratman “

Workshop Virtual Konser ” Tribute to WR Soepratman “

 

Memperingati hari lahir WR Supratman ke-118 pada tanggal 19 Maret 2021, Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar acara “Tribute to WR Supratman” secara virtual yang melibatkan seniman musisi lokal Purworejo. Mengawali acara “Tribute to WR Supratman”, panitia dan perwakilan dari komunitas musisi yang akan terlibat menggelar workshop tentang WR Soepratman di Memorial House WR Supratman Ds Somongari, Kaligesing pada Minggu, 14 Februari 2021.

Acara workshop dihadiri oleh Kepala Desa, tokoh masyarakat, pokdarwis Somongari, perwakilan komunitas musisi dan Forkopincam Kecamatan Kaligesing. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang kemudian di lanjutkan dengan tabur bunga di plasenta/ari-ari WR Supratman, doa bersama, pemotongan tumpeng dan sambutan-sambutan.

Workshop dipandu oleh tim kreatif acara “Tribute to WR Supratman” yaitu Albertus Desy dan kawan-kawan. Dalam workshop dibahas tujuan diadakannya acara festival WR Supratman yaitu untuk mengapresiasi karya- karya sang Maestro WR Supratman, mendokumentasikan karya lagu WR Supratman, meninggalkan kajian literasi digital karya- karya WR Supratman bentuk vidio dan audio yg bagus untuk generasi masa depan masyarakat  Indonesia, memberikan informasi kepada masyarakat tentang karya hasil ciptaan WR Supratman yang selama ini kurang dikenal masyarakat secara umum, melahirkan semangat berkarya bagi musisi-musisi lokal Purworejo dan menambah kajian literasi untuk Memorial House WR Supratman di desa wisata Somongari.

Dalam acara workshop juga disampaikan mengenai gambaran konsep acara virtual Festival WR Supratman yang proses pengambilan video akan dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2021. Nantinya hasil dari tapping video ini akan ditayangkan premier pada tanggal 18 Maret 2021 di acara tirakatan WR Supratman di desa Somongari dan rilis video di youtube tanggal 19 Maret 2021 jam 19.00 WIB di channel Youtube Romansa Purworejo Indonesia.

Tujuh lagu karya WR Soepratman yang bakal dibawakan oleh komunitas musisi Purworejo yaitu:

  1. Lagu Pahlawan Merdeka karya tahun 1924, akan dibawakan oleh Group keroncong Cong Culy
  2. Lagu Dari Barat ke Timur Karya tahun 1926, akan dibawakan oleh Anggoro dan Hary Somongari
  3. Lagu Indonesia Raya karya tahun 1928, akan dibawakan oleh Group Mentari Musik
  4. Lagu Ibu Kita Kartini karya tahun 1929, akan dibawakan oleh Uncle Djink dan Fahmi Aziz
  5. Lagu Di Timur matahari karya tahun 1931, akan dibawakan oleh Beda Band
  6. Lagu Anugerah, akan dibawakan oleh Specialite Band
  7. Lagu Matahari Terbit karya tahun 1938, akan dibawakan oleh Group band Mrosal

Tinggalkan Balasan

Close Menu